Get Adobe Flash player

BERITA

Current Articles | Categories | Search | Syndication

Lantamal III Jakarta Laksanakan Upacara Hari Lahirnya Pancasila

 

Jakarta, 01 Juni2019, -- Wakil Komandan Lantamal III Jakarta, Kolonel Laut (P) I Made Wira Hadi A.W. mewakili Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E.,M.M. menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 di Lapangan Apel Mako Lantamal III Jakarta. Jl.Gunung Sahari no.2, Ancol Jakarta Utara, Sabtu (01/6).

 

        Dalam sambutan PLT Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) Bpk.Hariyono yang dibacakan Wakil Komandan Lantamal III Jakarta menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

 

Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa ekssistensi keindonesian baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat  Pancasila.

 

Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan ‘Bhinneka Tunggal Ika”.

 

Peringatan hari kelahiran Pancasila I Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan “Piagam Jakarta” oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

 

Jadi 3 peristiwa tersebut merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan, dengan demikian, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi, yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus.

 

Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dan kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis.

 

Melalui peringatan hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “PolitikHarapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Pada kesempatan tersebut setelah selesai upacara peringatan hari lahirnya Pancasila dilanjutkan dengan pelepasan mudik gratis bareng bersama Bank BRI dan keluarga besar Lantamal III oleh Wakil Komandan Lantamal III.

Hadir pada acara tersebut Para Asisten, Dansatrol Lantamal III, Danpomal Lantamal III, para Kadis dan Kasatker Lantamal III, Pasukan Upacara Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Mako Lantamal III.

 

Demikian berita Dispen Lantamal III Jakarta.

 

posted @ Saturday, June 1, 2019 10:46 AM by Dispen Lantamal III

Previous Page | Next Page